Informasi Detil Paper


Judul: Penggunaan Metode Demonstrasi Sebagai Langkah Awal Pelaksanaan Eksperimen Siswa Untuk Meningkatkan Penguasaan Kompetensi Dasar Kalor Pada Kelas VII SMP Negeri 1 Ambon
Penulis: Katerina Esomar  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Jendela Pengetahuan Vol. 8 no. 18 - hal. 18-26 Tahun 2015  [ KIP ]
Keywords:  Langkah Awal, Eksperimen Siswa, Kompetensi Dasar, Kalor.
Abstract: Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen berdisain penelitian one group pretes t-posttest, dan bertujuan mendeskripsikan kemampuan dan peningkatan penguasaan kompetensi dasar kalor pada subjek penelitian sebanyak 25 siswa kelas VII1 SMP Negeri 1 Ambon. Data dianalisis secara statistik deskriptif, untuk pretest (tes awal) dan posttest (tes formatif) dengan mencari skor pencapaian (SP) sedangkan peningkatan penguasaan konsep dianalisis dengan menghitung g-factor. Hasil penelitian menunjukan bahwa tes awal 100% tidak tuntas belajar, tetapi pada tes formatif, 100% siswa tuntas belajar dengan kualifikasi 16 (64%) siswa berada pada kualifikasi baik, dan 9 (36%) siswa berada pada kualifikasi cukup. Dan rata-rata skor pencapaian tes formatif 75,56 berada pada kulifikasi baik. Sedangkan peningkatan penguasaan kompetensi dasar siswa yang dihitung dengan rumus gain skor ternormalisasi (normalized gain score) atau g-factor berada pada rentang 0.64 (sedang) sampai 0.82 (tinggi). Terdapat 9 (36%) siswa berada pada g-factor sedang dan 16 (64%) siswa berada pada g-factor tinggi. Ini berarti terdapat 9 (36%) siswa mengalami peningkatan dengan kategori sedang dan 16 (64%) siswa mengalami peningkatan dengan kategori tinggi, dan rata-rata peningkatan 0.74 berada pada kategori tinggi.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>