Informasi Detil Paper


Judul: Pengaruh Faktor Psikologis Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IS1 SMA Kristen YPKPM Ambon
Penulis: Aminah Rehalat  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Jendela Pengetahuan Vol. 9 no. 20 - hal. 1-13 Tahun 2016  [ KIP ]
Keywords:  Faktor Psikologis, Hasil belajar.
Abstract: Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh faktor psikologis siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas XIS1 SMA kristen YPKPM Ambon. Menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan data berupa angka. Populasi berjumlah 39 siswa, dan yang menjadi sampel adalah keseluruhan siswa Kelas XIS1 SMA Kristen YPKPM Ambon yang terdiri dari 39 orang (laki-laki 23 dan perempuan 16 orang). Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda untuk membuktikan hubungan antara variabel independen dan variabel dependen yang adalah pengaruh faktor psikologis (X) terhadap hasil belajar (Y). Hasil penelitian menunjukkan faktor psikologis berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, sebagaimana terlihat dalam hasil pengujian hipotesis, Ho diterima dengan tingkat signifikansi sebesar 2,6%. Dari tiga indikator psikologis, faktor kecerdasanlah yang memunyai pengaruh sangat signifikan, oleh karena itu kecerdasan merupakan faktor yang perlu diperhatikan oleh pihak sekolah guna peningkatan hasil belajar siswa, dengan tingkat signifikansi sebesar 0,583, bakat 0,588, dan kemampuan kognitif 0,228.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>