Informasi Detil Paper


Judul: Pandangan Jean Piaget dan Jerome Bruner Tentang Pendidikan (Kajian Pustaka)
Penulis: Victry Erlitha Picauly  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Jendela Pengetahuan Vol. 9 no. 20 - hal. 35-47 Tahun 2016  [ KIP ]
Keywords:  Pandangan Jean Piaget dan Jerome Bruner, Pendidikan.
Abstract: Teori belajar kognitif lebih mementingkan proses belajar dari pada hasil belajar. Belajar merupakan suatu proses internal yang mencakup ingatan, retensi, pengolahan informasi, emosi, dan aspek-aspek kejiwaan. Menurut Jean Piaget pendidikan harus dibangun di seputar struktur kognitif pembelajar, sehingga pendidikan yang optimal membutuhkan pengalaman yang menantang bagi si pebelajar, dengan demikian proses asimilasi dan akomodasi dapat menghasilkan pertumbuhan intelektual. Sedangkan menurut Jerome Bruner, perkembangan kognitif seseorang dapat ditingkatkan dengan cara menyusun materi pelajaran dan menyajikannya sesuai dengan tahap perkembangan anak. Proses belajar akan berjalan dengan baik dan kreatif jika guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan konsep, teori, aturan atau pemahaman sendiri melalui contoh-contoh yang dijumpai di dalam kehidupan.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>