Informasi Detil Paper


Judul: Didactic Trajectory Dalam Penelitian Pendidikan Matematika Untuk Menumbuhkan Keterampilan Meneliti Dan Menulis Karya Ilmiah
Penulis: Rully Charitas & Indra Prahmana  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Prosiding FKIP 2016 Vol. 1 no. 1 - hal. 14-66 Tahun 2016  [ Prosiding ]
Keywords:  Design Research, Didactic Trajectory dalam Penelitian Pendidikan Matematika, Keterampilan Meneliti, Keterampilan Menulis Karya Ilmiah, Pembelajaran Berbasis Riset
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan lintasan belajar dalam penelitian pendidikan matematika yang merupakan sekumpulan aktivitas yang disusun secara sistematis menggunakan pembelajaran berbasis riset. Metode penelitian yang digunakan adalah design researchdengan 3 tahapan, yaitu preliminary design, teaching experiment, dan retrospective analysis. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Angkatan 2010, 2011, dan 2012 pada Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Tangerang. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana lintasan belajar yang dikembangkan memberikan kontribusi dalam menumbuhkan keterampilan mahasiswa dalam melakukan penelitian dan menulis karya ilmiah dengan mendeskripsikan kegiatan dosen, mahasiswa, dan hasil akhir pembelajaran, selama kurun waktu 8 bulan. Selain itu, penelitian ini juga memberikan gambaran faktor-faktor penyebab keberagaman hasil yang diperoleh mahasiswa selama proses pembelajaran.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>