Informasi Detil Paper


Judul: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Materi Kesebangunan Segitiga Di Kelas IX SMP Kristen YPKPM Ambon
Penulis: T. Litay, W. Mataheru & H. Tamalene  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Prosiding FKIP 2016 Vol. 1 no. 1 - hal. 99-128 Tahun 2016  [ Prosiding ]
Keywords:  Team Assisted Individualization, Kesebangunan Segitiga
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) yang baik (valid) pada materi kesebangunan segitiga di kelas IX SMP Kristen YPKPM Ambon. Tipe penelitian, yaitu penelitian pengembangan. Sedangkan model pengembangan perangkat pembelajaran (RPP, BA, LKS) yang digunakan adalah dengan memodifikasi model 4-D (Four-D Model) hanya sampai pada tahap pengembangan. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IX SMP Kristen YPKPM Ambon. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, yaitu (1) validator memberikan rata-rata penilaian 3 (baik) dan dapat digunakan dengan sedikit revisi pada RPP, BA, dan LKS; (2) aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran efektif. Persentase rata-rata aktivitas guru mencapai 97,1% dan persentase rata-rata keseluruhan aktivitas siswa mencapai 78,5%; (3) Guru dan siswa memberikan respons positif. Persentase respons positif yang diberikan oleh guru mencapai 100% dan persentase respon positif yang diberikan oleh siswa mencapai 92,5%; dan (4) persentase siswa yang mencapai KKM yaitu 77,3% dari jumlah siswa di kelas. Dengan demikian, hasil pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada materi kesebangunan segitiga di kelas IX SMP Kristen YPKPM Ambon, telah memenuhi kriteria baik (valid).
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>