Informasi Detil Paper


Judul: Penerapan Pendekatan Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 1 Batu Merah Ambon
Penulis: Marleny Leasa & Yulian Ernawati  || email: marleny.leasa@yahoo.com
Jurnal: Prosiding FMIPA Universitas Pattimura 2013 Vol. 2 no. 1 - hal. 168-176 Tahun 2013  [ Prosiding ]
Keywords:  Hasil belajar, quantum teaching, konsep gaya gesek
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN 1 Batu Merah Ambon pada konsep gaya gesek dengan menggunakan pendekatan pembelajaran quantum teaching. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang diimplementasikan dalam dua siklus. Tiap-tiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Sementara peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik diketahui dengan menggunakan faktor Hake (gain score). Hasil penelitian menujukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa baik pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik antara lain pada nilai presentase tiap aspek yang dinilai, rata-rata setiap aspek hasil belajar siswa, nilai rata-rata kelas, ketuntasan klasikal dan gain score yang diperoleh siswa. Secara luar biasa terlihat juga bahwa pencapaian siswa terhadap skor pembelajaran yang ideal juga mengalami peningkatan. Dari hasil penelitian ini, dikemukakan kesimpulan bahwa penggunaan pendekatan quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN 1 Batu Merah Ambon.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>