Informasi Detil Paper


Judul: Pengaruh Penggunaan Modal Pengajaran Induktif Kata Bergambar Terhadap Keterampilan Menulis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman
Penulis: Jolanda Tomasouw  || email: tahuri@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Tahuri Vol. 11 no. 2 - hal. 20-33 Tahun 2014  [ KIP ]
Keywords:  Keterampilan menulis, model induktif, kata bergambar.
Abstract: Model pengajaran induktif kata bergambar merupakan salah satu model pengajaran yang digunakan dalam mengajar Bahasa Jerman pada kelas awal dan model ini diarahkan agar pembelajar dapat menyelesaikan tugas-tugas yang cukup kompleks karena model ini memerlukan tingkat berpikir yang tinggi. Oleh karena itu prinsip terpenting dari model ini adalah membangun pengembangan kosa kata dan bentuk-bentuk sintaksis pembelajar serta memfasilitasi "peralihan" dari tutur menjadi tulisan. Semakin banyak kata yang diketahui siswa melalui kosa kata pendengaran dan percakapan mereka, semakin banyak pemahaman yang mereka miliki tentang keadaaan sekitar mereka. Semakin banyak kata yang mereka pahami melalui proses membaca dan penulisan kosa kata, semakin banyak kontrol dan pilihan yang mereka miliki dalam hidup. Setiap langkah model induktif kata bergambar selalu menggunakan foto atau gambar yang menarik sebagai stimulus atau motivasi untuk penulisan kata atau kalimat Bahasa Jerman. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pengajaran induktif bergambar terhadap kemampuan menlis bahasa Jerman mahasiswa semester II FKIP Unpatti. Hal itu berarti model pengajaran induktif kata bergambar memanfaatkan kemampuan pembelajar untuk berpikir secara induktif dan sangat memotivasi mahasiswa dalam kemampuan menulis. Disamping itu memungkinkan mereka membangun generalisasi yang akan membentuk dasar analisis struktural mereka secara sistematik.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>