Informasi Detil Paper


Judul: Meningkatkan Ketrampilan Berbahasa Indonesia Melalui Pendekatan Pragmatik
Penulis: Novita Tabelessy  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Jendela Pengetahuan Vol. 8 no. 18 - hal. 48-55 Tahun 2015  [ KIP ]
Keywords:  Ketrampilan berbicara, bahasa Indonesia, pendekatan pragmatik.
Abstract: Berbicara sebagai salah satu keterampilan berbahasa yang berkembang sejak kehidupan manusia sejak masih anak-anak. Berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang bersifat aktif produktif, karena menyampaikan pesan secara lisan dan langsung. Oleh karena itu, kegiatan berbicara tidak terlepas dari keterampilan berbahasa lainnya, yaitu menyimak, membaca, dan menulis. Keempat keterampilan berbahasa tersebut saling berkaitan dan terintegrasi. Kenyataan yang terjadi sekarang ini di dunia pendidikan, khususnya pada tingkat SMP dan SMA atau sederajat keterampilan berbicara siswa tidak seperti yang diharapkan. Hal itu terjadi karena siswa tidak tepat dalam memilih diksi, kalimatnya yang dipakai tidak efektif, struktur tuturannya rancu, alur ceritanya pun tidak runtut dan tidak kohesif. Solusi yang dapat dipakai guru untuk dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa ke arah yang lebih baik adalah dengan menggunakan pendekatan pragmatik. Melalui pendekatan pragmatik, siswa diajak untuk berbicara dalam konteks dan situasi tutur yang nyata dengan menerapkan prinsip pemakaian bahasa secara komprehensif.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>