Informasi Detil Paper


Judul: Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Turunan Fungsi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Send A Problem Di Kelas XI SMA Negeri 14 Ambon
Penulis: R M. Mahupale & W. Mataheru  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Prosiding FKIP 2015 Vol. 1 no. 1 - hal. 31-62 Tahun 2015  [ Prosiding ]
Keywords:  Send a Problem, Turunan Fungsi
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi turunan fungsi melalui model Pembelajaran Kooperatif Tipe Send a Problem di kelas XI SMA Negeri 14 Ambon pada tahun ajaran 2013/2014. Tipe penelitian, yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian sebanyak 18 siswa yang terdiri atas lima kelompok. Hasil yang diperoleh pada siklus I, yaitu siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) lebih dari sama dengan 70 ( ≥ 70 ) adalah 11 siswa dengan persentasi sebesar 61,1%, sedangkan siswa yang belum tuntas (< 70) adalah 7 siswa dengan persentasi sebesar 38,9%. Sedangkan hasil yang diperoleh pada siklus II, yaitu 14 siswa dengan persentasi sebesar 77,8 % memperoleh nilai lebih dari sama dengan 70 ( ≥ 70) dan 4 siswa dengan persentasi sebesar 22,2 % memperoleh nilai kurang dari 70 ( > 70). Berdasarkan hasil tes akhir siklus II ini, maka pelaksanaan tindakan siklus II telah dilakukan dengan baik dan telah mencapai KKM yang ditentukan yaitu 65 % siswa harus memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 70 ( ≥ 70).
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>