Informasi Detil Paper


Judul: Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Ambon Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar
Penulis: Friska Nahuway, Theresia Laurens, & Novalin C Huwaa  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Prosiding FKIP 2015 Vol. 1 no. 1 - hal. 112-126 Tahun 2015  [ Prosiding ]
Keywords:  Not Available
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hasil belajar operasi hitung bentuk aljabar yang diajarkan dengan model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di SMPN 10 Ambon kelas VIII. Pemilihan sampel, dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen yaitu yang diajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan kelas VIII-4 sebagai kelas control yaitu yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Data diperoleh melalui tes dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis data statistik deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar, serta statistik uji-t untuk mengetahui kontribusi model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil perhitungan diperoleh nilai t hitung = 3,09633 lebih besar dari nilai t = 2,02269 dan nilai Sig. (2-tailed) < 𝛼 yakni 0,004 <0,05 menyebabkan 𝐻 0 3 tabel ditolak dan 𝐻 diterima, yang berarti ada perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Ambon yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran konvensional pada materi operasi hitung bentuk aljabar.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>