Informasi Detil Paper


Judul: Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) Dalam Membelajarkan Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers Pada Siswa SMA Kelas X
Penulis: Novalin C Huwaa & Magy Gaspersz  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Prosiding FKIP 2016 Vol. 1 no. 1 - hal. 251-272 Tahun 2016  [ Prosiding ]
Keywords:  Model Pembelajaran Student facilitator and Explaining, Fungsi komposisi dan fungsi invers
Abstract: Matematika merupakan ilmu dasar yang perlu dipahami oleh setiap orang, sehingga merupakan mata pelajaran wajib pada setiap jenjang pendidikan. Namun kenyataannya hasil belajar matematika di sekolah masih tidak memuaskan, termasuk hasil belajar fungsi komposisi dan fungsi invers. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah model pembelajaran yang digunakan belum dapat memotivasi siswa untuk belajar sehingga siswa menjadi pasif dalam proses pembelajaran dan berdampak pada hasil belajar yang tidak memuaskan. Untuk itu perlu adanya perubahan pada proses pembelajaran yang melibatkan siswa yaitu siswa aktif. Model pembelajaran Student facilitator and Explaining (SFE) merupakan salah satu tipe dari pembelajaran kooperatif. Dengan penerapan Model Pembelajaran Student facilitator and Explaining dalam membelajarkan materi fungsi komposisi dan fungsi invers, siswa menjadi aktif dan diperbiasakan untuk dapat menjelaskan materi yang dipelajari kepada teman sekelompok yang belum mengerti sehingga materi tersebut akan tersimpan lama dalam pikiran siswa dan hasil belajarnya akan menjadi lebih baik.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>