Informasi Detil Paper


Judul: Analisis Struktur Penalaran Saintifik Dalam Pembelajaran IPA Siswa SD di Kota Ambon
Penulis: Johanes Pelamonia  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Pedagogika dan Dinamika Pendidikan Vol. 4 no. 1 - hal. 26-41 Tahun 2016  [ KIP ]
Keywords:  Arsitektur kognitif, pembelajaran IPA.
Abstract: Telah dilakukan penelitian untuk melihat proses penalaran pada siswa sekolahdasar di Kota Ambon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk menggambarkan struktur penalaran siswa sekolah dasar dalam pembelajaran sains. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes tertulis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Penalaran terjadi ketika seseorang mampu menciptakan model mental yang kompatibel dengan realitas. (2) Keterampilan bernalar sudah dimiliki seseorang ketika lahir dan perkembangan penalaran merupakan dipengaruhi perkembangan pengetahuan. (3) Struktur pengetahuan bergantung pada kapasitas memori kerja memahami makna verbal dari suatu konsep dan menghubungkannya dengan konsep lain.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>