Informasi Detil Paper


Judul: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Penguasaan Konsep (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ambon)
Penulis: Stevie Sahusilawane  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Jendela Pengetahuan Vol. 9 no. 21 - hal. 13-24 Tahun 2016  [ KIP ]
Keywords:  Model Pembelajaran Problem Based Learning, Penguasaan Konsep.
Abstract: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap penguasaan konsep, (studi eksperimen pada mata pelajaran ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ambon). Mengggunakan metode Experimental untuk mengetahui perbedaan peningkatan penguasaan konsep, siswa yang belajar mengunakan model pembelajaran problem based learning (kelas ekspeimen) dengan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran problem based learning (kelas kontrol) pada mata pelajaran ekonomi. Teknik observasi digunakan untuk melihat proses dan aktivitas guru menggunakan media pembelajaran. Kuesioner digunakan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap model pembelajaran problem based learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen mau pun kelompok kontrol meningkat. Peningkatan rata-rata nilai kelompok eksperimen yaitu sebesar 24,5 (dari 20,5 menjadi 45,0). Peningkatan rata- rata nilai kelompok kontrol yaitu sebesar 15 (dari 21,2 menjadi 36,2). Urain ini menunjukan terdapat perbedaan peningkatan penguasaan konsep antara siswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>