Informasi Detil Paper


Judul: Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Kompetitif Pada Siswa SMP Negeri 1 Leihitu Kabupaten Maluku Tengah
Penulis: Wa Ima  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Jendela Pengetahuan Vol. 10 no. 22 - hal. 25-32 Tahun 2017  [ KIP ]
Keywords:  Strategi Pembelajaran Kompetitif, Hasil Belajar.
Abstract: Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar sejarah melalui penerapan strategi pembelajaran kompetitif pada siswa SMP negeri 1 Leihitu Kabupaten Maluku T engah. Menggunakan jenis penelitian penelitian tindakan kelas (PTK). Instrument yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan wawancara dapat diketahui bahwa siswa mengalami peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan kehidupan manusia pada masa praaksara keterampilan berpikir kreatif. Prestasi belajar siswa meningkat sebelum pada tes awal siswa sebanyak 6 siswa memperoleh nilai 65. Setelah diadakan tes tindakan siklus I sebanyak 9 siswa memperoleh nilai 65. Meskipun terjadi peningkatan namun belum sesuai indikator keberhasilan sehingga tes dilanjutkan pada tindakan siklus II. Pada siklus II meningkat menjadi 13 orang dari 15 siswa yang memperoleh nilai 65. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan sesuai dengan yang diharapkan oleh peneliti dan guru mata pelajaran sejarah.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>