Informasi Detil Paper


Judul: Pembelajaran Sejarah Dalam Konteks Pendidikan IPS
Penulis: Hamid Dokolamo  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Jendela Pengetahuan Vol. 10 no. 22 - hal. 64-73 Tahun 2017  [ KIP ]
Keywords:  Pembelajaran Sejarah, Pendidikan IPS
Abstract: Pendidikan IPS memiliki peran penting dalam mewujudkan pencapaian tujuan pendidikan nasional, dan berfungsi membelajarkan masalah- masalah sosial kepada peserta didik. Pembelajaran sejarah sebagai sumber keilmuan dan muatan materi dari pendidikan IPS dapat dikembangkan baik secara integrated ataupun separated untuk mewujudkan tujuan pembelajaran. Guru sejarah harus memiliki kesadaran dan berupaya untuk menjadikan pelajaran sejarah sebagai komponen yang tidak terpisah dari pendidikan IPS. Pembaharuan pembelajaran segera dilakukan, dari pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered) menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered). Guru sejarah harus memprioritaskan kepentingan dan keaktifan siswa. Berbagai permasalahan aktual, isu-isu kontroversial dan peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah harus diangkat dalam setiap pembelajaran sejarah sehingga dapat memiliki nilai guna menciptakan kecakapan-kecakapan sosial bagi peserta didik. Salah satu pengembangan pembelajaran tersebut adalah menggunakan cooperatif learning atau model pembelajaran lain yang lebih mengutamakan keterampilan proses belajar siswa.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>