Quick Links: Home | Advanced Search | Search All Papers | Paparisa | Unpatti Web Portal
Informasi Detil Paper |
|
Judul: | Pengembangan Buku Ajar Kimia Koloid yang Berorientasi Pada Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Mengajarkan Keterampilan Proses |
Penulis: | Hironimus Tangi || email: info@mx.unpatti.ac.id |
Jurnal: | Prosiding Seminar Nasional Kimia 2011 Vol. 1 no. 1 - hal. 46-68 Tahun 2011 [ KIP ] |
Keywords: | Buku ajar, Model Pembelajaran Kooperatif, four-D model, hasil belajar, respon, minat, dan motivasi |
Abstract: | Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bertujuan mengembangkan buku ajar kimia koloid SMA. Buku ini berorientasi pada model pembelajaran kooperatif untuk mengajarkan keterampilan proses. Model pengembangan mengikuti rancangan four-D. Model. Implementasi hasil rancangan tersebut pada 12 siswa pada uji coba I dan 25 siswa pada uji coba II di SMA Frater Makassar dengan rancangan uji coba menggunakan one group pretest-posttest design. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif. Pada uji coba I menggunakan kriteria Depdiknas 2008 dengan rata-rata skor seluruh komponen yaitu 3,55 dengan kategori sangat baik. Pada uji coba II berdasarkan kriteria BSNP (2006) dengan kriteria pada komponen kelayakan isi berkategori baik, ditinjau dari komponen kebahasaan berkategori baik, ditinjau dari komponen penyajian berkategori baik, dan komponen kerja ilmiah berkategori sangat baik dengan rata-rata skor seluruh komponen yaitu 3,71 dan kategori sangat baik. Perangkat pembelajaran dalam penelitian berkategori baik dan layak digunakan. RPP yang disiapkan terlaksana dengan baik dan reliabilitas 97,20% pada uji coba I dan 91,73% pada uji coba II. Aktivitas siswa selama KBM dengan reliabilitas sebesar 99,01% pada uji coba I dan 78,55% pada uji coba II. THB Produk yang diperoleh siswa adalah 86% pada uji coba I dan 89,00% pada uji coba II. THB Proses yang merupakan tes ketermpilan proses yang diperoleh siswa yaitu 98,00% pada uji coba I dan 90,40% pada uji coba II. THB Psikomotor yang diperoleh siswa dengan proporsi sebesar 94,92% pada uji coba I dan 90,50% uji coba II. Respon siswa terhadap penerapan buku ajar kimia koloid dengan kategori sangat baik pada uji coba I dan uji coba II. Angket minat dan motivasi siswa dengan menggunakan buku ajar kimia koloid SMA yang mengajarkan keterampilan proses sangat tinggi. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa buku ajar kimia koloid SMA telah memenuhi kriteria Depdiknas (2008) dan BSNP (2006), dan dapat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran serta kompetensi dasar, dapat menumbuhkan minat dan motivasi dalam KBM, dapat mengajarkan keterampilan proses, dan respon siswa sangat baik. |
File PDF: | Download fulltext PDF |
<<< Previous Record | Next Record >>> |
AMANISAL (Perikanan & IK)
| Info
BUDIDAYA PERTANIAN (Pertanian)
| Info
CITA EKONOMIKA (Ekonomi)
| Info
EKOSAINS (Ekologi dan Sains)
| Info
Indonesian Journal of Chemical Research (MIPA)
| Info
JENDELA PENGETAHUAN (KIP)
| Info
MOLUCCA MEDICA (Kedokteran)
| Info
Pedagogika dan Dinamika Pendidikan (KIP)
| Info
TRITON (Perikanan & IK)
| Info
Prosiding Archipelago Engineering 2018
| Info
Prosiding Archipelago Engineering 2019
| Info
Akses dari IP Address 3.141.201.95
The academic paper repository is maintained by 132125676 for Universitas Pattimura :: All rights reserved Unpatti © 2012 - 2024