Informasi Detil Paper


Judul: Penerapan Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Tentang Soal Cerita Pada Mata Kuliah Pembelajaran Bilangan SD Di PGSD
Penulis: Akina & Mufidah  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Prosiding Himpunan PGSD 2017 Vol. 1 no. 1 - hal. 76-86 Tahun 2017  [ Prosiding ]
Keywords:  Pendekatan Problem Posing, Pemahaman.
Abstract: Rendahnya pemahaman mahasiswa tentang soal cerita pada mata kuliah pembelajaran bilangan SD pada materi bilangan cacah dan pecahan disebabkan karena mahasiswa belum memiliki daya kreatifitas yang memadai dalam hal mengeksplorasi kemampuan dan penguatan konsep dan prinsip matematika untuk dapat mewujudkannya secara kontekstual di dunia nyata. Oleh karena itu, Mahasiswa harus dapat diarahkan mampu merumuskan, menganalisa dan menyelesaikan soal matematika dari informasi atau situasi yang tersedia dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi untuk dapat meningkatkan pemahaman mengenai soal cerita dalam pembelajaran bilangan SD dengan pendekatan problem posing. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi data dari hasil pekerjaan yang diperoleh dari 46 mahasiswa kelas A semester III PGSD FKIP UNTAD Palu, dalam mengerjakan tes akhir. Data tersebut juga diperoleh dari kegiatan dosen dalam pembelajaran yang mencakup observasi dan serta wawancara. Pada siklus I terdapat9 orang mahasiswa yang tidak tuntas secara individu sehingga ketuntasan klasikalnya 76, 35%. Pada siklus II mahasiswa telah dapat memahami pengerjaan soal cerita dengan lebih baik dengan ketuntasan klasikal mencapai 85, 02 % atau terjadi peningkatan sebesar 8, 67%. Hal ini juga dapat dilihat dari kemampuan mereka membuat dan menjawab soal cerita dengan baik dan benar pada materi bilangan cacah dan pecahan sesuai dengan hasil yang diharapkan.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>