Informasi Detil Paper


Judul: Model Bcct (Beyond Centers And Circle Time) Dengan Pendekatan Joyfull Learning Pada SD Kelas Awal Di Sumenep, Madura
Penulis: Ratna Novita Punggeti  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Prosiding Himpunan PGSD 2017 Vol. 1 no. 1 - hal. 113-122 Tahun 2017  [ Prosiding ]
Keywords:  BCCT, Joyfull Learning, SD Kelas Awal.
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan Model BCCT (Beyond Centers and Circle Time) Dengan Pendekatan Joyfull Learning di kelas awal yakni kelas 1, 2 dan 3 di SDN Marengan Laok 2 dan SDN Kalimook 1 kabupaten Sumenep Madura pada tahun ajaran 2016/2017 di semester genap. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis model Miles dan huberman. Berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan bahwa Perencanaan pembelajaran dimulai dari perencanaan tema, sentra, indicator, pencapaian perkembangan dan TFP (term, fact, principle) yang digunakan untuk panduan guru. Proses kegiatan pembelajaran di SD SDN Marengan Laok 2 dan SDN Kalimook 1 Sumenep Madura menggunakan model sentra dengan pendekatan Joyfull Learning. Kegiatan awal dimulai dengan jurnal pagi yang menyenangkan dan kegiatan inti dengan bermain sentra. Tema dibahas oleh guru saat pijakan sebelum bermain (circle time). Kegiatan penutup dilakukan dengan kegiatan ibadah. Proses pembelajaran juga menanamkan nilai mutu, hormat dan jujur. Penilaian dilakukan dengan mencatat perkembangan anak secara berkalayang berbentuk narasi sesuai dengan perkembangan siswa.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>