Informasi Detil Paper


Judul: Permasalahan Pendidikan di Maluku dan Upaya Mengembangkan Pembelajaran Biologi Kreatif-Inovatif-Produktif
Penulis: Fredy Leiwakabessy  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Prosiding Seminar Nasional Biologi 2017 Vol. 1 no. 1 - hal. 17-30 Tahun 2017  [ KIP ]
Keywords:  not applicable
Abstract: Dalam Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 pasal 3 menjelaskan tujuan pendidikan Nasional yakni, “berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab”. Untuk mencapai tujuan pendidikan Nasional tersebut, maka guru memiliki peran yang sangat penting. Dalam dunia pendidikan guru merupakan komponen strategis dalam menentukan kemajuan dan peningkatan kualitas suatu bangsa. Inti dari kegiatan pendidikan adalah pelaksanaan proses pembelajaran di kelas. Dengan demikian, upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan tidak dapat dipisahkan atau tidak akan berarti apabila tidak diikuti dengan peningkatan kualitas proses pembelajaran (Cooper, et. al., 1994). Oleh karena itu, peningkatan kualitas pendidikan hendaknya diarahkan terhadap kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Perbaikan terhadap kualitas proses pembelajaran terkait dengan berbagai permasalahan pendidikan yang ada di daerah. Maluku sebagai daerah kepulauan, memiliki banyak permasalahan dalam bidang pendidikan dan permasalahan-permasalahan tersebut saling mengkait satu dengan lainnya.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>