Quick Links: Home | Advanced Search | Search All Papers | Paparisa | Unpatti Web Portal
Informasi Detil Paper |
|
Judul: | Peningkatan Kapasitas Guru Bahasa Jerman |
Penulis: | Jolanda Tomasouw & Juliaans E. R. Marantika || email: info@mx.unpatti.ac.id |
Jurnal: | Tahuri Vol. 14 no. 2 - hal. 1-7 Tahun 2017 [ KIP ] |
Keywords: | Kapasitas, Guru Bahasa Jerman, Perangkat Ajar |
Abstract: | Pembelajaran berbasis proyek telah diterapkan diberbagai sekolah dan dianggap sangat efektif dalam mengembangkan cara berpikir kritis dan kreaktif siswa, mengstimulasi siswa untuk belajar mandiri dan mengakomodasi siswa yang memiliki profil kecerdasan yang berbeda-beda di dalam kelas. Pendekatan ini menerapkan pola belajar “learning by doing†atau pembelajar aktif dan menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran (Pearson dkk, 1999). Pelatihan ini sebagai solusi untuk menjawab persoalan yang dihadapi oleh para guru Bahasa Jerman di SMA yang menurut hasil uji kompetensi masih jauh dari apa yang diharapkan. Oleh karena itu pelatihan ini bertujuan antara lain yaituuntuk: 1) Meningkatkan kemampuan berbahasa Jerman para guru SMA dengan level A2: 2) Para guru mampu mendesain perangkat ajar Bahasa Jerman; 3) Meningkatkan pemahaman guru terhadap metode-metode pembelajaran bahasa Jerman yang inovatif: 4) Meningkatkan pemahaman dan kesadaran guru terhadap kecerdasan majemuk yang dimiliki oleh para siswa sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan mencapai tujuan yang diharapkan; dan 5) Meningkatkan ketrampilan mengajar guru Bahasa Jerman di wilayahTeluk Ambon dan Kota Madya Ambon. Metode yang dipakai adalah bentuk pelatihan yang diawali dengan identifikasi dan observasi kelas. Peserta yang terlibat dalam pelatihan ini adalah para guru SMA yang berada dalam wadah MGMP wilayah Teluk Ambon dan Kota Ambon. Pelatihan ini berlangsung selama 8 bulan dengan beberapa tahap yakni: identifikasi dan rumusan masalah, perencanaan solusi, pelatihan, penerapan materi yang dengan menggunakan model pembelajaran berbasis Proyek. Evaluasi akhir menjadi bagian dari pelatihan ini sebelum menghasilkan perangkat ajar yang dapat dipakai oleh para guru di kelas mereka masing-masing sebagai bentuk luaran dari pelatihan ini. |
File PDF: | Download fulltext PDF |
<<< Previous Record | Next Record >>> |
AMANISAL (Perikanan & IK)
| Info
BUDIDAYA PERTANIAN (Pertanian)
| Info
CITA EKONOMIKA (Ekonomi)
| Info
EKOSAINS (Ekologi dan Sains)
| Info
Indonesian Journal of Chemical Research (MIPA)
| Info
JENDELA PENGETAHUAN (KIP)
| Info
MOLUCCA MEDICA (Kedokteran)
| Info
Pedagogika dan Dinamika Pendidikan (KIP)
| Info
TRITON (Perikanan & IK)
| Info
Prosiding Archipelago Engineering 2018
| Info
Prosiding Archipelago Engineering 2019
| Info
Akses dari IP Address 44.220.184.63
The academic paper repository is maintained by 132125676 for Universitas Pattimura :: All rights reserved Unpatti © 2012 - 2024