Informasi Detil Paper


Judul: Analisa Pengaruh Hauling dan Purssing Kapal Purse Seine di Maluku
Penulis: Obed Metekohy  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Prosiding Archipelago Engineering 2018 Vol. 1 no. 1 - hal. 57-62 Tahun 2018  [ Prosiding ]
Keywords:  Stabilitas, Hauling & Purssing Kapal Purse Seine
Abstract: Kapal ikan pure seine yang beroperasi di perairan Maluku termasuk sarana perikanan tangkap yang produktif. Tetapi mempunyai banyak kelemahan karena pembuatannya secara tradisional banyak menyimpang dari syarat teknis rancang bangun kapal. Stabilitas kapal yang diharapkan dapat menjamin kontinyutas pengoperasian penangkapan pada saat hauling sering menjadi kendala sehingga operasional penangkapan harus dihentikan, untuk menghindari terjadinya resiko kecelakaan dilaut. Penelitian ini bertujuan menganalisa pengaruh stabilitas kapal dalam mengoperasikan alat tangkap pada saat hauling. Metode yang digunakan adalah metode survey terhadap ukuran pokok kapal yang sudah ada di perairan Maluku. Analisa stabilitas hauling menggunakan kriteria Stabilitas US Navy dan Metode Macchi untuk menganalisa Momen tarik alat tangkap dan hasil tangkapan. Hasil pengukuran stabilitas dinamis kapal penelitian pada saat hauling bergantung pada hasil tangkapan, semakin besar hasil tangkapan maka kemiringan kapal menjadi lebih besar, dengan hasil tangkapan 0.93 ton dan berat alat tangkap 3.237 ton membentuk sudut kemiringan sebesar 12 derajat dengan nilai GZ = 0.20 meter kemudian setelah dianalisa menurut kriteria stabilitas US Navy menunjukkan performa stabilitasnya sangat baik, karena sudut C < 15 derajat dan nilai GZ pada saat hauling 0.30 meter, namun kapal akan mengalami kondisi kritis sesuai hasil analisa Metode Macchi apabila momen tarik alat tangkap dan hasil tangkapnya melebihi momen tarik total maksimum yang diijinkan yaitu > 12.332 ton.meter pada sudut kemiringan dinamis > 24 derajat.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>