Informasi Detil Paper


Judul: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Dan Menulis Bahasa Jerman Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Di Kelas X SMA Negeri 2 Salahutu Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah
Penulis: Evelyn Latuhihin  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Tahuri Vol. 15 no. 2 - hal. 45-62 Tahun 2018  [ KIP ]
Keywords:  Hasil belajar membaca dan menulis, bahasa Jerman, Model pembelajaran, Discovery Learning.
Abstract: Penelitian yang merupakan penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan hasil belajar membaca dan menulis bahasa Jerman bagi siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning di Kelas X SMA Negeri 2 Salahutu Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. Dengan menempuh 3 (tiga) siklus penerapan model pembelajaran Discovery Learning, akhirnya diperoleh peningkatan hasil belajar dalam kemampuan membaca dan menulis bahasa Jerman. Sebagai bukti tingkat keberanian siswa mengemukakan pendapat meningkat menjadi 85%, sebelumnya pada siklus 1 hanya 37%, dan 70% siklus 2. Tingkat partisipasi siswa dalam pembelajaran meningkat dari 42% pada sikulus 1, 70% siklus 2 menjadi 85%, dan tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas saat proses pembelajaran meningkat dari 40% pada siklus 1, dan pada siklus 2 = 73% menjadi 85%. Data hasil analisis data menunjukkan bahwa pada tes terakhir hanya 1 siswa yang belum mencapai KKM sedangkan semua siswa yang lain sudah mencapai KKM.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>