Informasi Detil Paper


Judul: Pengembangan Managemen Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Karakter Jempol
Penulis: Remon Bakker  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Jendela Pengetahuan Vol. 12 no. 26 - hal. 18-29 Tahun 2019  [ KIP ]
Keywords:  Pengembangan, Managemen, Pembelajaran, PKn, karakter, dan Jempol.
Abstract: Penelitian ini bertujuan mendeksripsikan Pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan berbasis Jempol. Dilaksanakan di SMA Negeri 2 Ambon. Menggunakan deskripsi kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian menggunakan Teknik purposive sampling yakni; kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru PKn, dan siswa. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur serta catatan lapangan (member check), dan di-analisis dengan interactive models, serta data diuji dalam transferability, confirmability. Hasil penelitian menunjukan bahwa PKn sangat menyenangkan, interaktif, menantang, terinspirasi, dan termotivasi oleh siswa. Prosesnya terpusat pada siswa, guru hanya membimbing pengalaman belajar, merumuskan pembelajaran untuk mencapai kompetensi secara utuh dan seimbang, pengelolaannya ditekankan pada kreatifitas dan kemajuan siswa. Strateginya mengarah pada pola pemberdayaan berpikir siswa melalui pertanyaan dalam materi PKn, yang didorong secara maksimal dan dilakukan secara terus menerus sehingga siswa terampil dalam berpikir dan bertindak.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>