Informasi Detil Paper


Judul: Studi Numerik Pengaruh Variasi Bilangan Reynolds Dan Bilangan Prandlt Terhadap Karakteristik Aliran Fluida dan Perpindahan Panas Melintasi Silinder Sirkular Tunggal
Penulis: Cendy S.E. Tupamahu  || email: info@mail.unpatti.ac.id
Jurnal: Teknologi Vol. 13 no. 1 - hal. 2145-2149 Tahun 2016  [ Teknik ]
Keywords:  Silinder sirkular tunggal, Reynolds number, Prandtl number, Nusselt number lokal (---), Nusselt number --- rata-rata (---).
Abstract: Silinder sirkular merupakan bentuk yang sering digunakan dalam berbagai cabang teknologi modern saat ini. Bentuk yang melengkung serta aliran yang melintasi silinder merupakan konsep dasar yang digunakan dalam alat penukar panas. Selain pada alat penukar panas aplikasi silinder sirkular dapat ditemukan pada air conditioning, cooling tower, cryogenic, refrigeration, dll. Pada penelitian ini dikaji pengaruh bilangan Reynolds dan bilangan Prandlt terhadap karateristik aliran dan perpindahan panas pada silinder sirkular tunggal. Variasi yang digunakan untuk simulasi dengan menggunakan dengan 3 variasi Reynolds number (ReD) yaitu 2, 25 dan 150 dan Prandtl number yakni udara (0.7). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi numerik, dengan menggunakan CFD Fluent 6.3.26 untuk memperoleh data yang berhubungan dengan profile aliran dan distribusi temperatur. Pada aliran yang melintasi silinder sirkular tunggal bilangan Reynolds berpengaruh terhadap terjadinya separasi aliran dan memicu terbentuknya velocity boundary layer. Bilangan Prandtl berpengaruh terhadap thermal boundary layer. Nilai perpindahan panas saat aliran melewati silinder sirkular tunggal ditunjukan dengan parameter --- Nusselt number lokal (𝑁𝑁𝑈𝑈θ) dan Nusselt number rata-rata (𝑁𝑁𝑈𝑈𝑈𝑈) yang mana dipengaruhi oleh Prandtl number dan Reynolds number.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>