Quick Links: Home | Advanced Search | Search All Papers | Paparisa | Unpatti Web Portal
Informasi Detil Paper |
|
Judul: | Tinjauan Analisa Kerja Signal AF dan RF Terhadap Kinerja Peralatan Pemancar dan Penerima Stasiun Radio Pantai Distrik Navigasi Ambon |
Penulis: | Latuhorte Wattimury || email: info@mx.unpatti.ac.id |
Jurnal: | Prosiding Archipelago Engineering 2019 Vol. 1 no. 1 - hal. 64-71 Tahun 2019 [ Teknik ] |
Keywords: | VHV, DSC, GMDSS, AF, RF, Transmiter, Receiver |
Abstract: | Perkembangan teknologi modern sekarang ini, kenavigasiaan terus mengadakan evaluasi terhadap sarana telekomunikasi pelayaran yang disesuaikan dengan kemajuan teknologi. Peralatan pesawat radio yang digunakan, diisyaratkan untuk menggunakan Global Maritime Distress and Safety System (GMDSS). GMDSS adalah suatu paket keselamatan yang disetujui secara Internasional dan terdiri dari prosedur keselamatan, jenis-jenis peralatan, protocol- protokol komunikasi yang dipakai untuk meningkatkan keselamatan dan mempermudah saat penyelamatan kapal, perahu, ataupun pesawat terbang yang mengalami kecelakaan. Kapal laut sangat disarankan memakai radio VHF Digital Selective Calling (DSC). Kapal-kapal yang memiliki bobot mati antara 300-500 GT disarankan tapi tidak diwajibkan untuk menggunakan GMDSS, namun kapal-kapal diatas 500 GT diwajibkan menggunakan peralatan yang mendukung GMDSS. Dalam kenyataan sehari-hari, proses penerimaan ataupun pengiriman informasih, sering menjadi terganggu dengan waktu delay atau kurang responsnya peralatan system GMDSS. Secara teknis kurang responsnya system GMDSS antara Transmitter dan Receiver itu berarti kurang respon signal AF dan RF yang dipekerjakan didalam peralatan system dimaksud. Signal AF maupun RF bekerja tidak kelihatan karena menggunakan media perantara udara, yang dipengaruhi oleh kondisi kelembaman akibat perbedaan cuaca. Dari penelitian yang dilakukan dengan sampel yang mewakili (3) tiga kondisi yakni, Cuaca Panas, mendung dan Hujan, diperoleh hasil bahwa: untuk kondisi cuaca mendung atau hujan dengan temperature rata-rata 260 C, diperoleh time delay 7,5 detik sementara untuk cuaca panas dengan temperature rata-rata 31,120 C, time delay sebesar 4,404 detik. Perbedaan cuaca inilah yang mempengaruhi kinerja system navigasi yang menggunakan Frekuenzi AF dan RF. |
File PDF: | Download fulltext PDF |
<<< Previous Record | Next Record >>> |
AMANISAL (Perikanan & IK)
| Info
BUDIDAYA PERTANIAN (Pertanian)
| Info
CITA EKONOMIKA (Ekonomi)
| Info
EKOSAINS (Ekologi dan Sains)
| Info
Indonesian Journal of Chemical Research (MIPA)
| Info
JENDELA PENGETAHUAN (KIP)
| Info
MOLUCCA MEDICA (Kedokteran)
| Info
Pedagogika dan Dinamika Pendidikan (KIP)
| Info
TRITON (Perikanan & IK)
| Info
Prosiding Archipelago Engineering 2018
| Info
Prosiding Archipelago Engineering 2019
| Info
Akses dari IP Address 3.138.134.221
The academic paper repository is maintained by 132125676 for Universitas Pattimura :: All rights reserved Unpatti © 2012 - 2024