Informasi Detil Paper


Judul: Penerapan Algoritma Differential Evolution untuk Penyelesaian Permasalahan Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP). (Studi Kasus: PT. Paris Jaya Mandiri)
Penulis: Daniel B. Paillin, Johan M. Tupan & R. A. Utami Putri  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Prosiding Archipelago Engineering 2019 Vol. 1 no. 1 - hal. 147-153 Tahun 2019  [ Teknik ]
Keywords:  Capacitated Vehicle Routing Problem, Differential Evolution, Rute Optimal
Abstract: PT. Paris Jaya Mandiri adalah salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang distributor produk Nestle di Indonesia. Sebagai perusahaan distributor, aktivitas distribusi harus diberi perhatian khusus sehingga dapat mengatasi adanya keterlambatan atau ketidaktepatan waktu pengiriman produk yang disebabkan karena ketidakpastian rute pengiriman produk. Masalah routing kendaraan (VRP) adalah optimasi kombinatorial dan masalah pemrograman integer yang menanyakan "Berapa rute yang optimal untuk armada kendaraan untuk dilalui agar bisa dikirim ke satu set pelanggan?". Ini menjelaskan masalah salesman keliling yang terkenal (TSP) yang akan dikembangkan dengan penyelesaian menggunakan Algorithm Differential Evolution dengan masalah yang diambil yakni Capacitated Vehicle Routing Problem CVRP). Tolak ukur yang digunakan pada metode ini adalah jarak antaroutlet dimulai dari mengukur masing – masing jarak dari gudang menuju oulet dan kembali ke gudang. Pada penelitian ini dilakukan perhitungan untuk mengukur jarak terpendek dari 67 lokasi outlet yang tersebar pada wilayah distribusi Sirimau dan serta wilayah distribusi Nusaniwe. Hasil olahan data metode Branch and Bound menunjukkan bahwa dari 3 wilayah distribusi dapat diperoleh 5 rute optimal yang hasilnya dibandingkan dengan hasil olahan data menggunakan Algorithm Differential Evolution dengan wilayah distribusi keseluruhan diperoleh 4 rute optimal yaitu 1 didapat jarak sebesar 9.93 Km dengan total waktu 37.24 menit, rute 2 sebesar 12,66 Km dengan total waktu 39,99 menit, rute 3 sebesar 24,74 Km dengan total waktu 49,48 menit, rute 4 sebesar 9.5 Km dengan total waktu 21.59 menit.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>