Quick Links: Home | Advanced Search | Search All Papers | Paparisa | Unpatti Web Portal
Informasi Detil Paper |
|
Judul: | Analisis Gaya yang Bekerja Pada Crankshaft Empat Silinder |
Penulis: | Benjamin G. Tentua || email: teknologi@rad.net.id |
Jurnal: | Teknologi Vol. 7 no. 2 - hal. 825 - 829 Tahun 2010 [ Teknik ] |
Keywords: | Crankshaft multi silinder, Gaya connecting road, Gaya Inersia |
Abstract: | Crankshaft (poros engkol) adalah bagian dari mekanisme mesin yang berfungsi untuk mengubah pergerakan translasi menjadi pergerakan rotasi. Crankshaft in-line multi silinder sering didapatkan pada banyak kendaraan roda empat, contohnya adalah crankshaft empat silinder pada mesin 5K yang diamati pada penelitian kali ini. Pada crankshaft multi silinder, tiap silinder menghasilkan gaya dari proses berbeda memunculkan tegangan kombinasi berfluktuasi dinamis yang dapat menimbulkan kegagalan akibat kelelahan (fatigue). Hasil analisis diketahui bahwa gaya-gaya yang bekerja pada crankshaft adalah gaya inersia, gaya yang terjadi dalam ruang pembakaran, gaya connecting road. Dan gaya maksimum yang dihasilkan oleh crank shaft terjadi pada proses ekspansi yaitu pada sudut 3750, dimana gaya pada conenecting rod adalah sebesar -22009 N, Gaya ini bekerja kepada crank pin. Gaya inersia yang terjadi pada adalah sebesar - 4350 N. |
File PDF: | Download fulltext PDF |
<<< Previous Record | Next Record >>> |
AMANISAL (Perikanan & IK)
| Info
BUDIDAYA PERTANIAN (Pertanian)
| Info
CITA EKONOMIKA (Ekonomi)
| Info
EKOSAINS (Ekologi dan Sains)
| Info
Indonesian Journal of Chemical Research (MIPA)
| Info
JENDELA PENGETAHUAN (KIP)
| Info
MOLUCCA MEDICA (Kedokteran)
| Info
Pedagogika dan Dinamika Pendidikan (KIP)
| Info
TRITON (Perikanan & IK)
| Info
Prosiding Archipelago Engineering 2018
| Info
Prosiding Archipelago Engineering 2019
| Info
Akses dari IP Address 44.192.95.161
The academic paper repository is maintained by 132125676 for Universitas Pattimura :: All rights reserved Unpatti © 2012 - 2024