Informasi Detil Paper


Judul: Analisis Gaya yang Bekerja Pada Crankshaft Empat Silinder
Penulis: Benjamin G. Tentua  || email: teknologi@rad.net.id
Jurnal: Teknologi Vol. 7 no. 2 - hal. 825 - 829 Tahun 2010  [ Teknik ]
Keywords:  Crankshaft multi silinder, Gaya connecting road, Gaya Inersia
Abstract: Crankshaft (poros engkol) adalah bagian dari mekanisme mesin yang berfungsi untuk mengubah pergerakan translasi menjadi pergerakan rotasi. Crankshaft in-line multi silinder sering didapatkan pada banyak kendaraan roda empat, contohnya adalah crankshaft empat silinder pada mesin 5K yang diamati pada penelitian kali ini. Pada crankshaft multi silinder, tiap silinder menghasilkan gaya dari proses berbeda memunculkan tegangan kombinasi berfluktuasi dinamis yang dapat menimbulkan kegagalan akibat kelelahan (fatigue). Hasil analisis diketahui bahwa gaya-gaya yang bekerja pada crankshaft adalah gaya inersia, gaya yang terjadi dalam ruang pembakaran, gaya connecting road. Dan gaya maksimum yang dihasilkan oleh crank shaft terjadi pada proses ekspansi yaitu pada sudut 3750, dimana gaya pada conenecting rod adalah sebesar -22009 N, Gaya ini bekerja kepada crank pin. Gaya inersia yang terjadi pada adalah sebesar - 4350 N.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>