Informasi Detil Paper


Judul: Kajian Teknis Pengaruh Kerak Karbon Di Atas Kepala Torak Terhadap Unjuk Kerja (Performance) Mesin Mobil Minibus Gl Toyota Kijang Tipe Lgx-2l Diesel
Penulis: Kristofol Waas  || email: teknologi@rad.net.id
Jurnal: Teknologi Vol. 9 no. 2 - hal. 1043-1047 Tahun 2012  [ Teknik ]
Keywords:  kerak karbon, unjuk kerja, daya motor
Abstract: Mesin diesel merupakan motor pembakaran dalam (internal combustion engine) yang bekerja karena adanya pembakaran bahan bakar didalam silinder.Hasil pembakaran tersebut menghasilkan daya motor melalui gerak translasi torak yang diteruskan oleh batang penghubung menjadi gerak rotasi poros engkol. Mesin mobil Toyota Kijang tipe LGX-2L Diesel pada puncak toraknya (crown) yang berhubungan dengan ruang bakarterjadi lapisan kerak karbon pada silinder 3 dan 4 sehingga mempengaruhi unjuk kerja motor. Metode penelitian yang dilakukan adalah observasi dan pengamatan langsung di lapangan pada CV. Auto Nusa Abadi Kupang yang merupakan Dealer mobil Toyota Kijang pada bengkel reparasinya. Kemudian dilakukan kajian teknis teoritis untuk kondisi I (sebelum terjadi kerak karbon) dan membandingkannya dengan kondisi II (setelah terjadi kerak karbon) dengan menggunakan rumus-rumus empiris pada literatur-literatur yang berkaitan dengan termodinamika motor, balans panas dan ekonomis motor. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah dengan adanya kerak karbon diatas kepala torak sebesar Vkk = 6,183 cc mempersempit volume ruang kompresi Vc, sehingga mempengaruhi unjuk kerja motor dan mengakibatkan; kehilangan tenaga efektif sebesarNe = 6,101 PS atau 7,3506 % (penurunan tenaga efektif dari Ne = 83 PS menjadi Ne = 76,899 PS), panas yang dipakai untuk tenaga efektif (Qe) menjadi turun, sedangkan panas Qcool dan Qeg juga naik, namun panas Qres naik sangat ekstrim, hal inidapat mengakibatkan mesin menjadi panas.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>