Informasi Detil Paper


Judul: Pembelajaran Matematika Dengan Multiple Intelligences (Kecerdasan Ganda) Untuk Menumbuhkan Nilai Karakter
Penulis: Christina M. Laamena  || email: christinalaamena@yahoo.com
Jurnal: Prosiding FMIPA Universitas Pattimura 2013 Vol. 2 no. 1 - hal. 226-232 Tahun 2013  [ Prosiding ]
Keywords:  Multiple Intellegence, Karakter
Abstract: Dalam konteks pendidikan, kurikulum atau program pendidikan perlu dirancang dan diarahkan untuk membantu, membimbing, melatih, dan mengajar atau menciptakan suasana agar peserta didik dapat meningkatkan dan mengembangkan kualitas dirinya secara optimal. Menurut ahli psikologi, manusia memilik potensi IQ (Intelligent Quotient), EQ (Emotional Quotient), CQ (Creativity Quotient) dan SQ (Spiritual Quotient). Setiap manusia menyimpan sejumlah potensi kecerdasan yang sangat kompleks. Ketika kebanyakan orang memiliki spektrum kecerdasan yang penuh, setiap individu menunjukkan perbedaan ciri-ciri kognitif. Gardner menemukan bahwa ada 7 jenis kecerdasan yang berbeda-beda dan menggunakannya dengan cara-cara yang sangat personal. Pembatasan program pendidikan yang berfokus pada kecerdasan linguistik dan matematis dalam jumlah yang lebih besar telah meminimalisir arti penting bentuk-bentuk pengetahuan lainnya. Dengan demikian siswa yang gagal untuk menunjukkan kecerdasan "akademik tradisional" mendapat penghargaan yang rendah dan potensi mereka tetap tak terwujudkan, kemudian hilang di sekolah dan masyarakat pada umumnya. Realitas tersebut harus menjadi perhatian para pemerhati pendidikan termasuk guru untuk dapat memadukan kecerdasan-kecerdasan yang ada dalam satu kesatuan utuh kesuksesan belajar dan syarat keberhasilan hidup. Langkah awal yang paling mudah adalah lewat jalur pembelajaran di Sekolah. Pembelajaran sudah saatnya didesain sedemikian rupa sehingga dapat berlangsung secara efektif, efisien, menarik, memuaskan dan dapat menggugah potensi-potensi kecerdasan manusia. Tidak semua manusia akan menjadi artis atau ahli matematika atau penulis besar dan lain-lain, namun setiap kehidupan manusia akan diperkaya melalui perkembangan bermacam kecerdasan di tingkat yang paling memungkinkan. Jika individu memiliki peluang untuk belajar melalui kelebihannya, maka akan muncul perubahan-perubahan kognitif, emosional, social, bahkan perubahan fisik yang positif dan menakjubkan. Multiple intelegensi dianggap sebagai proses pengajaran yang mampu mempertinggi belajar siswa dalam mata pelajaran apapun. Teori multiple intelegensi membantu guru menyampaikan keberadaan pelajaran atau unit ke dalam kesempatan belajar yang banyak melibatkan perasaan bagi siswa.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>