Quick Links: Home | Advanced Search | Search All Papers | Paparisa | Unpatti Web Portal
Informasi Detil Paper |
|
Judul: | Pembelajaran Matematika Dengan Multiple Intelligences (Kecerdasan Ganda) Untuk Menumbuhkan Nilai Karakter |
Penulis: | Christina M. Laamena || email: christinalaamena@yahoo.com |
Jurnal: | Prosiding FMIPA Universitas Pattimura 2013 Vol. 2 no. 1 - hal. 226-232 Tahun 2013 [ Prosiding ] |
Keywords: | Multiple Intellegence, Karakter |
Abstract: | Dalam konteks pendidikan, kurikulum atau program pendidikan perlu dirancang dan diarahkan untuk membantu, membimbing, melatih, dan mengajar atau menciptakan suasana agar peserta didik dapat meningkatkan dan mengembangkan kualitas dirinya secara optimal. Menurut ahli psikologi, manusia memilik potensi IQ (Intelligent Quotient), EQ (Emotional Quotient), CQ (Creativity Quotient) dan SQ (Spiritual Quotient). Setiap manusia menyimpan sejumlah potensi kecerdasan yang sangat kompleks. Ketika kebanyakan orang memiliki spektrum kecerdasan yang penuh, setiap individu menunjukkan perbedaan ciri-ciri kognitif. Gardner menemukan bahwa ada 7 jenis kecerdasan yang berbeda-beda dan menggunakannya dengan cara-cara yang sangat personal. Pembatasan program pendidikan yang berfokus pada kecerdasan linguistik dan matematis dalam jumlah yang lebih besar telah meminimalisir arti penting bentuk-bentuk pengetahuan lainnya. Dengan demikian siswa yang gagal untuk menunjukkan kecerdasan "akademik tradisional" mendapat penghargaan yang rendah dan potensi mereka tetap tak terwujudkan, kemudian hilang di sekolah dan masyarakat pada umumnya. Realitas tersebut harus menjadi perhatian para pemerhati pendidikan termasuk guru untuk dapat memadukan kecerdasan-kecerdasan yang ada dalam satu kesatuan utuh kesuksesan belajar dan syarat keberhasilan hidup. Langkah awal yang paling mudah adalah lewat jalur pembelajaran di Sekolah. Pembelajaran sudah saatnya didesain sedemikian rupa sehingga dapat berlangsung secara efektif, efisien, menarik, memuaskan dan dapat menggugah potensi-potensi kecerdasan manusia. Tidak semua manusia akan menjadi artis atau ahli matematika atau penulis besar dan lain-lain, namun setiap kehidupan manusia akan diperkaya melalui perkembangan bermacam kecerdasan di tingkat yang paling memungkinkan. Jika individu memiliki peluang untuk belajar melalui kelebihannya, maka akan muncul perubahan-perubahan kognitif, emosional, social, bahkan perubahan fisik yang positif dan menakjubkan. Multiple intelegensi dianggap sebagai proses pengajaran yang mampu mempertinggi belajar siswa dalam mata pelajaran apapun. Teori multiple intelegensi membantu guru menyampaikan keberadaan pelajaran atau unit ke dalam kesempatan belajar yang banyak melibatkan perasaan bagi siswa. |
File PDF: | Download fulltext PDF |
<<< Previous Record | Next Record >>> |
AMANISAL (Perikanan & IK)
| Info
BUDIDAYA PERTANIAN (Pertanian)
| Info
CITA EKONOMIKA (Ekonomi)
| Info
EKOSAINS (Ekologi dan Sains)
| Info
Indonesian Journal of Chemical Research (MIPA)
| Info
JENDELA PENGETAHUAN (KIP)
| Info
MOLUCCA MEDICA (Kedokteran)
| Info
Pedagogika dan Dinamika Pendidikan (KIP)
| Info
TRITON (Perikanan & IK)
| Info
Prosiding Archipelago Engineering 2018
| Info
Prosiding Archipelago Engineering 2019
| Info
Akses dari IP Address 3.17.79.188
The academic paper repository is maintained by 132125676 for Universitas Pattimura :: All rights reserved Unpatti © 2012 - 2024