Informasi Detil Paper


Judul: Analisa Pembebanan Static Terhadap Kekuatan Velg Racing Sepeda Motor Yamaha Matic Dengan Menggunakan Software Solidworks
Penulis: Nasir Suruali  || email: info@mail.unpatti.ac.id
Jurnal: Arika Vol. 8 no. 1 - hal. 29-42 Tahun 2014  [ Teknik ]
Keywords:  Rim Geometry, Velocity, Normal Force, Maximum Von Misses Stress
Abstract: Saat ini, ada banyak velg alumanium yang diproduskioleh industri komponen otomotif lokal dengan bebagai jenis model, bentuk dan geometri yang berbeda-beda berdasarkan tren yang ada. Tetapi kasus yang dijumpai adalah, apakah velg-velg tersebut mampu menahan beban maksimal yang harus diterima, untuk itu dengan mempertimbangkan semua kondisi yang ada, penelitian ini dilakukan untuk menganalisa kekuatan dari berbagai desain model velg racing sepeda motor YAMAHA matic yang telah diproduksi atau bahkan telah dipasarkan. Metode analisa yang dipakai untuk menganalisa 3 model velg racing dari beberapa model yang telah dipasarkan adalah bantuan program Software Solidworks 2010, analisa akan dilakukan dengan cara simulasi pembebanan static (static test) dengan variasi gaya normal yang bekerja pada velg sesuai dengan kondisi pada kecepatan 40 Km/Jam, 50 Km/Jam, 60 Km/Jam, dan 70 Km/Jam. Dari simulasi yang telah dilakukan, didapati bahwa model velg lainnya karena memiliki nilai tegangan maksimum yang lebih rendah yaitu : 7,16 N/mm2 ; 7,03 N/mm2 ; 6,87 N/mm2 ; dan 6,67 N/mm2.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>