Informasi Detil Paper


Judul: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu Pada Siswa Kelas VIIIb di SMP Negeri 3 Amahai Kabupaten Maluku Tengah
Penulis: Stevie Sahusilawane  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Jendela Pengetahuan Vol. 8 no. 18 - hal. 1-17 Tahun 2015  [ KIP ]
Keywords:  Model Pembelajaran Kooperatif , Tipe Talking Stick, Hasil Belajar.
Abstract: Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIIIb di SMP Negeri 3 Amahai Kabupaten Maluku Tengah. Tipe penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIb SMP Negeri 3 Amahai yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan dan 1 orang guru pada mata pelajaran IPS Terpadu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe talking stick menciptakan suasana belajar yang efektif dan menyenangkan bagi siswa, walaupun terdapat kendala- kendala pada pertemuan pertama di mana dalam melakukan kegiatan tanya jawab ada beberapa siswa masih kaku, takut dan kelihatan gugup karena mereka belum terbiasa dan baru pertama kali diperkenalkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick, namun pada pertemuan berikutnya hal tersebut dapat diatasi. Siswa mulai terbiasa dan sangat bersemangat dalam pembelajaran. Hasil belajar siswa kelas VIIIb di SMP Negeri 3 Amahai mengalami peningkatan.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>