Informasi Detil Paper


Judul: Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Menggunakan Pembelajaran Model Auditory Intellectually Repetition (Air) Dan Pembelajaran Konvensional
Penulis: Sultana Nasyirah Pelu & Wa Ode Dahiana  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Prosiding FKIP 2015 Vol. 1 no. 1 - hal. 79-91 Tahun 2015  [ Prosiding ]
Keywords:  Hasil belajar matematika, Auditory Intellectually Repetition.
Abstract: Hasil belajar matematika siswa saat ini masih tergolong rendah. Banyak fakor yang menyebabkan kelemahan ini terjadi diantaranya model pembelajaran yang diterapkan guru di kelas masih berpusat kepada guru (teacher centered). Oleh karena itu perlu adanya perubahan paradigma pembelajaran di kelas yakni dari berpusat pada guru (teacher centered) menjadi berpusat kepada siswa (student centered). Penelitian ini menerapkan pembelajaran Model Auditory Intellectually Repetition (Air) sebagai kelas eksperimen, dan pembelajaran konvensional sebagai kelas kontrol (pembanding). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Model Auditory Intellectually Repetition (Air) dan Pembelajaran konvensional. Penelitian ini menerapkan desain Randomized Subjects, Pretest-Posttest Control Group Design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Leihitu Tahun Ajaran 2014/2015yang berjumlah 142 siswa yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel yang diambil yakni dua kelas berjumlah 62 siswa. Hipotesis penelitian ini diuji pada taraf signifikan 5%, analisis data yang digunakan yakni uji t atau uji beda rata-rata. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa Ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimendan kelas kontrol.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>