Informasi Detil Paper


Judul: Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Faktorisasi Bentuk Aljabar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Model Pembelajaran Konvensional di Kelas VIII SMP Negeri 4 Ambon
Penulis: Nevi Telehala & Carolina Ayal  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Prosiding FKIP 2016 Vol. 1 no. 1 - hal. 129-154 Tahun 2016  [ Prosiding ]
Keywords:  Hasil belajar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI
Abstract: Beberapa persoalan yang timbul dalam proses pembelajaran diantaranya, siswa malas untuk belajar, pasif, dan hanya sebagian siswa yang memperhatikan penjelasan guru. Selain itu dalam proses pembelajaran guru hanya menjelaskan materi pelajaran kemudian dilanjutkan dengan pemberian soal-soal latihan kepada siswa, sehingga proses pembelajaran masih didominasi oleh guru dan siswa hanya menerima saja. Ini berarti pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas masih bersifat satu arah, artinya guru sebagai pentransfer materi dan siswa sebagai penerima materi. Siswa masih belajar secara individual, lebih cenderung menerima pengajaran guru dari pada belajar secara kelompok-kelompok kecil.Kondisi semacam ini sangat tidak menguntungkan bagi siswa, sebab materi yang diterima siswa cenderung tidak optimal. Sehubungan dengan masalah tersebut, maka diperlukan model pembelajaran yang dapat digunakan, sehingga siswa tidak lagi pasif tetapi siswa lebih aktif agar proses pembelajaran yang dilaksanakan dapat memberikan hasil yang optimal dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Model pembelajaran kooperatif tipe TAI mengkombinasikan pembelajaran individual dan pembelajaran kelompok, dan model ini dirancang untuk mengatasi kesulitan belajar siswa secara individual. TAI juga menuntut siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Aktivitas yang dilakukan dapat mendorong siswa untuk berpikir baik secara individual maupun dalam suatu kelompok dan kompetitif terhadap kelompok yang lain. Metode penelitian adalah penelitian eksperimen dengan design Postest Only Control Group. Sampel pada penelitian ini berjumlah 70 siswa kelas VIII Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 Pengembangan Penelitian Pendidikan Matematika Untuk Mendukung Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika 3 dan VIII SMP Negeri 4 Ambon. Hipotesis diuji pada taraf signifikan 5%. Analisis data menggunakan uji KolmogorovSmirnov(KS), uji Levene, dan uji-t. Dari hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) kualifikasi sangat baik 1 siswa pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol tidak ada, kualifikasi baik terdapat 9 siswa pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol 1 siswa, untuk kualifikasi cukup pada kedua kelas sama terdapat 10 siswa, untuk kualifikasi kurang terdapat 13 siswa pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol 16 siswa dan kualifikasi sangat kurang terdapat 2 siswa pada kelas dengan ekperimen sedangkan pada kelas kontrol 8 siswa, (2) Ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan model pembelajaran konvensional.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>