Informasi Detil Paper


Judul: Implementasi Teori Genetik Epistemology Dalam Pembelajaran Guna Memantapkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah (Perspektif Konstruktivisme Terhadap Kultur Pendidikan Anak yang Mengakomodasi)
Penulis: Agus Ufie  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Pedagogika dan Dinamika Pendidikan Vol. 6 no. 1 - hal. 25-43 Tahun 2017  [ KIP ]
Keywords:  Piaget, Teori Genetik Epistemology.
Abstract: Keberhasilan proses belajar mengajar tercermin dalam peningkatan hasil belajar, dan untuk mencapai hasil belajar dibutuhkan peran aktif seluruh komponen pendidikan, terutama siswa yang berperan sebagai input sekaligus sebagai output, serta guru sebagai fasilitator. Dengan demikian maka guru sangat diharapkan dapat memahami perkembangan peserta didik sesuai dengan tingkatan perkembangan pengetahuan mereka sebagaimana yang dikembangkan oleh Jean Piaget dalam teori Genetik Epistemology. Oleh karena itu, maka teori dalam ilmu pengetahuan pada hakikatnya adalah seperangkat konsep yang saling terkait yang digunakan untuk menjelaskan sekumpulan data untuk membuat prediksi tentang hasil dari suatu kegiatan eksperimen di masa depan. Berkaitan dengan hal tersebut, maka pengenalan secara utuh teori Genetik Epistemology dapat membantu guru dalam mengembangkan pembelajaran yang lebih berpihak pada siswa dan dapat disesuaikan dengan tingkat kognitif setiap siswa.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>