Informasi Detil Paper


Judul: Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan LKS Dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas X SMA Negeri 1 Seram Barat
Penulis: Nur Aida Kubangun  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Jendela Pengetahuan Vol. 9 no. 21 - hal. 35-48 Tahun 2016  [ KIP ]
Keywords:  Persepsi Siswa, Penggunaan LKS, Pembelajaran Sejarah.
Abstract: Pembelajaran sejarah membutuhkan pemikiran-pemikiran kritis tentang masa lalu agar siswa bebas dari prasangka yang irasional dan fanatik, pikiran sempit dan komunalisme, dan mencerahkannya dengan pemikiran ilmiah yang berorientasi ke masa depan. Kenyataan pembelajaran yang dikembangkan guru di sekolah lebih didasarkan kebutuhan formal dari pada kebutuhan riil siswa. Menurut penuturan guru mata pelajaran sejarah, bahwa di dalam proses pembelajaran dengan menggunakan LKS terdapat beberapa siswa yang kurang aktif dan malas mengerjakan soal-soal yang termuat di dalam LKS sehingga menyebabkan prestasi belajarnya pada mata pelajaran sejarah masih di bawah KKM. Berdasarkan kondisi demikian maka rumusan masalah penelitian ini “bagaimanakah persepsi siswa terhadap penggunaan LKS dalam pembelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 1 Seram Barat?”. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap penggunaan LKS dalam pembelajaran sejarah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap penggunaan LKS dalam pembelajaran Sejarah di kelas X SMA Negeri 1 Seram Barat cenderung berada dalam kategori “baik”. Hal tersebut diartikan bahwa penggunaan LKS dapat diterapkan secara efektif dalam proses belajar mengajar, dan pengajaran secara individual dapat dipertimbangkan untuk lebih digunakan dari pada pengajaran secara klasikal.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>