Informasi Detil Paper


Judul: Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar PKn Materi Pokok Globalisasi Melalui Gabungan Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization Dengan Model Make A Macth Siswa Kelas XII IPS SMA Kristen Dobo Kabupaten Kepulauan Aru Provinsi Maluku
Penulis: Solissa Arens Elisthon  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Jendela Pengetahuan Vol. 9 no. 21 - hal. 49-60 Tahun 2016  [ KIP ]
Keywords:  Gabungan Model Pembelajaran Kooperatif, Motivasi, Prestasi Belajar, Materi Globalisasi.
Abstract: PTK ini bertujuan meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PKn siswa kelas XII IPS SMA Kristen Dobo Kabupaten Kepulauan Aru melalui gabungan model pembelajaran kooperatif tipe T eam Assisted Individualization dengan tipe Make a Macth. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai April 2015. Subjek penelitian berjumlah 22 siswa kelas XII IPS SMA Kristen Dobo Kabuapten Aru berada pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Satu orang guru sebagai kolaborator. Teknik wawancara dan tes digunakan untuk pengumpulan data, dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, motivasi dan prestasi belajar PKn materi “globalisasi” meningkat dari siklus pertama ke siklus kedua. Motivasi siswa pada siklus pertama adalah 22.72% meningkat menjadi 59.01% pada siklus kedua. Prestasi belajar prasiklus 59% meningkat menjadi 77% pada siklus I dan mencapai 95% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa gabungan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan tipe Make a Macth dapat meingkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>