Informasi Detil Paper


Judul: Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berbasis Web Aplikasi Moodle Pada Siswa Kelas X MA Asadiyah Sengkang
Penulis: Muhsyanur  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Jendela Pengetahuan Vol. 10 no. 23 - hal. 1-9 Tahun 2017  [ KIP ]
Keywords:  Bahan Ajar, Menulis, Web Beraplikasi Moodle, Siswa Kelas X MA Asadiyah Sengkang
Abstract: Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar berbasis web pada siswa kelas X MA Asadiyah Sengkang semester II, yang memuat materi standar kompetensi menulis. Pengembangan bajan ajar berbasis web dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan tiagarajan yang meliputi proses pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (desiminate). Karena keterbatasan waktu dan biaya, maka proses pengembangan bahan ajar menulis berbasis web hanya dilakukan sampai tahap pengembangan (develop). Hasil penelitian ini menunjukkan pengembangan bahan ajar menulis berbasis web aplikasi moodle telah sesuai dengan model pengembangan 4D Thiagarajan. Kualitas bahan ajar menulis yang dikembangkan berdasarkan validasi ahli pembelajaran bahasa Indonesia (dosen) termasuk dalam kriteria sangat memenuhi dengan nilai 91,67%, menurut ahli pembelajaran bahasa Indonesia (guru) termasuk dalam kriteria sangat memenuhi dengan nilai 85%. Menurut ahli grafika termasuk dalam kriteria memenuhi dengan nilai 75%. Impelemntasi bahan ajar yang dikembangkan ditinjau dari aspek aktivitas dalam kegiatan pembelajaran tergolong dalam kriteria “sangat aktif dengan nilai 91,67%. Hasil belajar siswa terhadap bahan ajar menulis yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat baikâ dengan nilai 86%.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>