Informasi Detil Paper


Judul: Penerapan Model
Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Pada Kelas XI IPS di SMA Baiturrahmah Padang
Penulis: Yenni Melia  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Jendela Pengetahuan Vol. 10 no. 23 - hal. 32-41 Tahun 2017  [ KIP ]
Keywords:  Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Hasil Belajar
Abstract: Penelitian ini berawal dari hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Baiturrahmah Padang, pada Ulangan Harian 1 Semester 2 berada di bawah KKM (82). Model pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). menganalisa Pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS SMA Baiturrahmah. Jenis penelitian adalah eksperimen. Populasi penelitian ini siswa kelas XI IPS SMA Baiturrahmah terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah secara acak, kelas XI IPS3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir. Bentuk tes yang digunakan adalah pilihan ganda dengan reliabilitas tes . Berdasarkan hasil analisis data tes akhir diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 80,75 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 64,69. Analisis data dilakukan diperoleh =4,355 lebih besar dari . Dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Berbasis Masalah sebagai salah satu model pembelajaran yang memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dengan pelaksanaan model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat digunakan sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat membantu siswa memahami materi sosiologi.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>