Informasi Detil Paper


Judul: Pembelajaran Aktif Melalui Model Pembelajaran Kolaboratif (Suatu Tinjauan Pustaka)
Penulis: Jolanda Tomasouw  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Tahuri Vol. 13 no. 1 - hal. 57-64 Tahun 2016  [ KIP ]
Keywords:  Pembelajaran Aktif, Model Pembelajaran Kolaboratif.
Abstract: Pembelajaran merupakan suatu sistem, yang terdiri dari berbagai komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lain. Komponen tersebut meliputi: tujuan, metode, dan evaluasi. Keempat komponen pembelajaran tersebut harus diperhatikan oleh guru dalam kaitan memilih dan menentukan pendekatan atau model pembelajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat merangsang kognitif siswa sehingga mereka akan termotivasi untuk belajar dengan aktif adalah model pembelajaran kolaboratif. Pembelajaran kolaboratif merupakan salah satu model penbelajaran kooperatif, dimana model ini merupakan bentuk pembelajaran dengan cara siswa belajar dan bekerja dalam kelompok- kelompok kecil secara kolaboratif yang heterogen. Dalam pembeajaran ini akan tercipta sebuah interaksi yang lebih luas, yaitu interaksi dan komunikasi yang dilakukan antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa dan sebaliknya dan itu yang disebut dengan “Multy way traffic communication” .Diharapkan melalui model pembelajaran kolaboratif pembelajar mampu meningkatkan hasil belajarnya, karena model ini sangat membantu pembelajar untuk lebih berkspresi dalam pembelajarannya.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>