Informasi Detil Paper


Judul: Hubungan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman
Penulis: Patresia Silvana Apituley  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Tahuri Vol. 13 no. 1 - hal. 71-77 Tahun 2016  [ KIP ]
Keywords:  Penguasaan kosakata, kemampuan membaca
Abstract: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jerman. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan bahasa jerman , sedangkan yang menjadi sampel adalah mahasiswa semester IV yang mengikuti mata kuliah Leseverständnis IV. Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment menunjukkan bahwa r hitung lebih besar dari r tabel ( r hit = 0,835 > r tab = 0456 ). Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca. Hubungan tersebut mengidentifikasikan bahwa semakin tinggi penguasaan kosa kata, semakin tinggi pula kemampuan membaca. Dengan demikian mahasiswa yang menguasai banyak kosakata akan mudah memahami teks yang dibacanya sehingga membaca menjadi menyenangkan.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>