Informasi Detil Paper


Judul: Identifikasi Jenis Batuan Menggunakan Metode Geolistrik Resistivitas Konfigurasi Schlumberger Dalam Perencanaan Pondasi Bangunan di Terminal Transit Desa Passo
Penulis: Robert Hutagalung & Erwin Bakker  || email: robert_hutagalung@yahoo.com
Jurnal: Prosiding FMIPA Universitas Pattimura 2013 Vol. 2 no. 1 - hal. 159-167 Tahun 2013  [ Prosiding ]
Keywords:  Resistivitas, konfigurasi, shlumberger, interpreves, rockworks
Abstract: Lokasi penelitian berada di lokasi pembangunan Terminal Transit Passo Ambon yang secara geografis terletak pada 3037'20.57" LS dan 128015'20.22" BT. Penyelidikan jenis dan ketebalan lapisan batuan di lokasi penelitian dengan menggunakan metode geolistrik tahanan jenis konfigurasi Shlumberger. Metode geolistrik mempunyai prinsip dasar yaitu mengirimkan arus listrik ke bawah permukaan melalui dua elektroda arus (A dan B) dan mengukur kembali beda tegangan di antara dua elektroda potensial (M dan N) yang diterima di permukaan. Dari data arus dan beda tegangan ini, maka nilai tahanan jenis dapat dihitung. Nilai tahanan jenis yang didapat bukan merupakan nilai tahanan jenis sebenarnya melainkan nilai tahanan jenis semu. Untuk mendapatkan nilai dari tahanan jenis sebenarnya, maka dilakukan teknik inversi dengan menggunakan software InterpreVes dan Rockworks. Hasil pemodelan inversi kemudian diperoleh penampang litologi, nilai resistivitas dan ketebalan dari tiap lapisan batuan. Dari hasil pengolahan data, pembuatan pondasi untuk konstruksi ringan (minimal 3 lantai) sudah dapat dibangun pada lapisan lempung yang berada pada kedalaman 0.8 m - 10 m. Sedangkan untuk konstruksi bangunan berat dapat dibangun pada batuan dasar yang berada pada kedalaman hingga 45 m.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>