Informasi Detil Paper


Judul: Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 12 Ambon)
Penulis: Amjad Salong & Stefani M. C. Foudubun  || email: info@mail.unpatti.ac.id
Jurnal: Jendela Pengetahuan Vol. 7 no. 17 - hal. 53-66 Tahun 2014  [ KIP ]
Keywords:  Media Pembelajaran Visual, Hasil Belajar.
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran visual terhadap penigkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, (studi eksperimen pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 12 Ambon). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Experimental dengan menggunakan desain penelitian Quasi experimental yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang belajar mengunakan media pembelajaran visual (kelas ekspeimen) dengan siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran visual (kelas kontrol) pada mata pelajaran ekonomi, observasi yang digunakan untuk melihat aktivitas guru dalam menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran dan kuesioner digunakan untuk mengetahui persepsi guru dan siswa terhadap media pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masing-masing kelas, baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol nilai rata-rata posttest-nya meningkat. Peningkatan rata-rata nilai hasil belajar ekonomi kelas eksperimen yaitu sebesar 41 (dari 21,6 menjadi 62,6). Sedangkan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar ekonomi kelompok kontrol yaitu sebesar 33.8 (dari 24 menjadi 57,8). dari urain ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar antara siswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>