Informasi Detil Paper


Judul: Pandangan Dunia Pengarang Dalam Novel Nak, Maafkan Ibu Tak Mampu Menyekolahkanmu Karya Wiwid Prasetyo (Kajian Strukturalisme Genetik Lucien Goldmann)
Penulis: E. M. Solissa & Leisli Sapulette  || email: info@mail.unpatti.ac.id
Jurnal: Jendela Pengetahuan Vol. 7 no. 17 - hal. 40-52 Tahun 2014  [ KIP ]
Keywords:  Karya Sastra, Sosiologi Sastra, Strukturalisme Genetik, Pandangan Dunia Pengarang.
Abstract: Karya sastra merupakan pandangan dari perilaku atau aktivitas yang dilakukan oleh subjek kolektif. Aspirasi pengarang adalah aspirasi yang mewakili kolektifitas kelompok sosialnya. Kedudukan sosial pengarang dalam kelompok sosialnya kemudian menjadi penting dan memengaruhi karya sastra yang ditulisnya. Tulisan ini membahas pandangan dunia dalam novel Nak, Maafkan Ibu Tak Mampu Menyekolahkanmu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara membaca berulang-ulang novel, menandai dan mencatat bagianbagian penting isi novel yang merupakan data yang akan dianalisis. Data dianalisis dengan cara: (1) menjelaskan fakta-fakta kemanusiaan dalam karya sastra, (2) menjelaskan relvansi antara fakta-fakta dan karya sastra dengan fakta-fakta struktural masyarakat dari mana pengarang berasal, (3) menjelaskan fakta-fakta yang ditemukan dalam karya sastra dalam hubungan dengan unsur genesis pengarang, (4) Menjelaskan pandangan dunia yang terentuk dalam karya sastra, (5) menarik kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pandangan dunia pengarang yang tercermin dalam novel Nak, Maafkan Ibu Tak Mampu Menyekolahkanmu adalah (1) fakta kemanusiaan yang membicarakan mengenai segi kehidupan dengan aktivitas-aktivitas yang dijalankan untuk mendukung manusia dalam berprilaku, (2) Fakta individual membicarakan mengenai tingkah laku seseorang dengan kehidupannya, (3) fakta sosial membicarakan mengenai hubunganhubungan dalam masyarakat, (4) Karakteristik sosial budaya membicarakan kehidupan sosial masyarakat di Indonesia terutama di Ratatotok, Sulawesi Utara (5) karakteristik ekonomi yang mengangkat masalah kemiskinan, (6) karakteristik pendidikan membicarakan kehidupan pendidikan di Indonesia yang masih banyak anakanak tidak mengenyam bangku pendidikan.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>