Informasi Detil Paper


Judul: Aplikasi Data AIS Didukung Data Gis Untuk Memonitor Kebutuhan Konsumsi Bahan Bakar Di Kapal (Studi Kasus: Kawasan Selat Madura, Indonesia
Penulis: Latuhorte Wattimury  || email: info@mail.unpatti.ac.id
Jurnal: Teknologi Vol. 11 no. 1 - hal. 1180-1186 Tahun 2014  [ Teknik ]
Keywords:  AIS (Automatic identification system), GIS (Geographic Information System), Fuel Consuption, GT (Gross Tonage), IT (Information Technology)
Abstract: Untuk memonitor kondisi suatu kapal, IMO (International Maritime Organization) telah menetapkan aturan untuk setiap kapal dengan bobot diatas 300 GT (Gross Tonnage) wajib memiliki kelengkapan system navigasi AIS (Automatic Identification System). Dalam pengoperasian suatu kapal, bahan bakar merupakan salah satu kebutuhan dengan estimasi biaya terbesar dibanding kebutuhan lainnya. Hal ini memungkinkan terjadi transaksi minyak ilegal di tengah laut. Penelitian ini membahas cara mengoptimalkan data AIS didukung data GIS untuk mengontrol konsumsi bahan bakar di kapal. Kapal yang digunakan, LCT. Bintang Samudra 01 dan 02 yang beroperasi di lokasi Selat Madura dan dapat dideteksi melalui AIS stasion Lab. Keandalan Fakultas Kelautan ITS. Dari data AIS diperoleh MMSI (Maritime Mobile Service Identity). MMSI ini diproses melalui shiping database kapal di internet, diperoleh IMO number, sebagai data base parameter besar GT (Gross Tonage) setiap kapal. Dengan Metode Trozzi et al, untuk 3 kondisi operasional kapal; cruising, maneuvering dan hotelling, dapat diestimasi konsumsi bahan bakar pada (Landing Craft Tank) LCT. Bintang samudra 01 dan 02, sebesar; 2,11 Ton/Hari dan 2,587 Ton / Hari . Data aktual konsumsi bahan bakar kedua kapal tersebut ; 2,06 Ton/Hari dan 2,5 Ton/Hari,. Hasil verifikasi memperlihatkan selisi eror hasil perhitungan antara penggunaan metode Trozzi,et.al dan besar konsumsi aktual bahan bakar di kapal sebesar 2,43 % untuk Bintang Samudra 01 dan 3,48 % untuk Bintang Samudra 02. Hasil ini merupakan acuan pembuatan web kontrol konsumsi bahan bakar, berbasis internet secara real time, dengan mempertimbangkan kesalahan dari metode yang digunakan.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>