Informasi Detil Paper


Judul: Evaluasi Berat Ramp Door Terhadap Daya Motor Windlass Pada Kapal Ferry Jenis Ro-Ro
Penulis: Jandri Louhenapessy  || email: info@mail.unpatti.ac.id
Jurnal: Teknologi Vol. 11 no. 1 - hal. 1172-1179 Tahun 2014  [ Teknik ]
Keywords:  ramp door, windlass, motor pengerak
Abstract: Kapal Ferry jenis Ro-Ro merupakan kapal penyebrangan antar pulau-pulau yang jarakny tidak terlalu jauh. Dirancang khusus untuk mempermudah akses penumpang dan barang ke geladak kapal, terutama kendaraan bermotor. Berdasarkan hasil survei di galangan kapal, ditemui salah satu kapal yang mempunyai motor penggerak windlass saat menurunkan dan menaikkan ramp door sangat lama (dapat mencapai 4-5 menit). Telah dilakukan evaluasi berat ramp door terhadap daya dan putaran motor penggerak windlass. Penelitian ini dikatagorikan sebagai penelitian diskriptif. Masalah yang dihadapi oleh pemilik kapal dipelajari kemudian dikumpulkan semua data yang berhubungan dengan Ramp Door, Windlass, tali baja, puli tali baja, kotak transmisi, transmisi puli sabuk dan Motor penggerak Windlass. Selanjutnya dilakukan perhitungan sampai mendapatkan daya, putaran motor penggerak Windlass sesuai beban maksimum dan waktu yang diinginkan. Hasil akhir yang diperoleh dianalisa dan dievalusi. Hasil yang diperoleh didapat daya motor penggerak windlass yang sesuai dengan berat ramp door adalah 2x0,37 kw dengan putarannya yang dapat menurunkan dan menaikkan sesui waktu 2 menit adalah 2x2750 rpm. Dipandang perlu untuk menaikan faktor koreksi daya, maka dapat dinaikkan daya hingga mencapai 0,55 kw putaran 2790 rpm. Jika daya dan putaran motor terhitung dibandingkan dengan daya dan putaran motor tersedia (2x4 kw dan 2x1440 rpm), maka daya motor terhitung mempunyai daya yang terbuang sekitar 91,475 % dan kekurangan putaran sekitar 39,34 %.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>