Informasi Detil Paper


Judul: Pengembangan Kurikulum Pendidikan Orang Basudara Pada SMP-SMP di Kota Ambon (Alternatif Muatan Lokal Untuk Mengembangkan Budaya Damai)
Penulis: Kalvin Karuna  || email: tahuri@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Tahuri Vol. 11 no. 2 - hal. 46-57 Tahun 2014  [ KIP ]
Keywords:  Pengembangan, Kurikulum, Pendidikan, orang basudara.
Abstract: Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan kurikulum, perangkat pembelajaran, dan buku ajar untuk mendukung pelaksanaan pendidikan orang basudara (POB) pada tingkat satuan pendidikan SMP, dengan mengacu pada dua pertanyaan yaitu pertama ; bagaimanakah kurikulum Pendidikan Orang Basudara (POB) yang ideal sebagai alternatif muatan lokal untuk tingkat satuan pendidikan SMP di kota Ambon, kedua; bagaimanakah prosedur dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran dan buku ajar untuk mendukung pelaksanaan kurikulum Pendidikan Orang basudara. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (developmental research), yang mengacu pada Model pengembangan yang dikembangkan oleh Plomp (1997:5), yang terdiri atas 5 (lima) fase, yakni (1) preliminary investigation, (2) design, (3) realization/construction, (4) test, evaluation, and revision, and (5) implementation. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan kombinasi analisis kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Data-data kualitatif dianalisis dengan tahapan (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) analisis data. Sementara data-data hasil observasi serta data hasil angket, dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Analisis data difokuskan pada 3 aspek, yang berkaitan dengan kualitas dari prototipe (kurikulum, silabus, RPP, dan buku ajar) yang dikembangkan. Produk yang dicapai dalam penelitian ini adalah (1) kurikulum pendidikan orang basudara (muatan lokal), (2) perangkat pembelajaran (silabus ), dan (3) draft buku ajar (kelas VII).
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>