Informasi Detil Paper


Judul: Pengaruh Audiovisuelle Methode (AVM) Terhadap Hasil Belajar Landeskunde
Penulis: Ida Costansa Tamaela  || email: tahuri@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Tahuri Vol. 11 no. 2 - hal. 75-82 Tahun 2014  [ KIP ]
Keywords:  Methode Audiovisuele, hasil belajar, Landeskunde.
Abstract: Keberhasilan proses pembelajaran tentunya tidak lepas dari pengajar sebagai salah satu sumber belajar. Apalagi dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seorang pengajar dituntut lebih menguasai informasi dan kreatif dalam menyampaikan materi pelajaran. Kreatif yang dimaksudkan adalah agar pengajar menciptakan kegiatan-kegiatan belajar yang beragam sehingga memenuhi berbagai tingkat kemampuan pembelajar. Seorang pengajar yang kreatif adalah pengajar yang mampu menggunakan berbagai pendekatan dalam proses pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat membangkitkan minat belajar pembelajar adalah melalui metode audio visual (Audio Visual Methode). Ini merupakan salah satu metode yang dapat mengasah kemampuan pembelajar. Penelitian ini difokuskan pada mata kuliah Landeskunde, yaitu salah satu matakuliah yang dipelajari pembelajar untuk dapat berkomunikasi dengan orang Jerman dan memahami budayanya, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experiment yang menggunakan satu kelas penelitian tanpa kelas pembanding (One-Group Pretest - Posttest Design). Pengujian beda rata-rata hasil belajar pemahaman Landeskunde dilakukan dengan uji t, dengan taraf signifikansi α = 0,05. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester V program studi bahasa Jerman FKIP Unpatti. Jumlah sampel sebanyak 15 orang. Dari hasil hitungan tampak bahwa, thit > ttabel yaitu 4,183 > 1,761 maka terdapat perbedaan yang nyata antara nilai sesudah dan sebelum yang berarti (Tolak H0, terima H1).
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>