Informasi Detil Paper


Judul: Identifikasi Kesulitan Belajar Melalui Proses Perkuliahan Penelitian Pendidikan Jasmani Mahasiswa PenJasKesRek FKIP UNPATTI Tahun 2015
Penulis: Mieke Souisa  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Jendela Pengetahuan Vol. 9 no. 21 - hal. 25-34 Tahun 2016  [ KIP ]
Keywords:  Kesulitan Belajar, Mahasiswa Penjaskesrek.
Abstract: Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kesulitan belajar yang dialami mahasiswa penjaskesrek FKIP Unpatti pada mata kuliah penelitian pendidikan jasmani, melalui proses perkuliahan. Menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data meliputi, (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi, dan (4) triangulasi. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis kualitatif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman (2009). Hasil penelitian: 1) sebagian besar subyek penelitian yang melakukan kontrak matakuliah penelitian pendidikan jasmani pada semester ganjil 2015/ 2016 mengalami kesulitan belajar, 2) Jenis-jenis kesulitan belajar yang dialami oleh subyek penelitian, dikategorikan dalam 2 kelompok besar, yaitu, (a) kesulitan belajar dalam tugas perkembangan, yang meliputi; kesulitan pemusatan perhatian, kesulitan mengingat, kesulitan berpikir, kesulitan bahasa baik secara tulis maupun lisan, kesulitan persepsi motorik, (b) kesulitan dalam proses penerimaan Informasi, yang meliputi; kesulitan dalam mengintegrasikan input informasi, kesulitan dalam mengolah informasi secara terintegrasi, kesulitan menyimpan informasi sekaligus kesulitan dalam memberi respon terhadap informasi yang diterima, dan 3) Analisis proses perkuliahan, dibuktikan dengan perolehan hasil ujian akhir semester, yang persentasenya yaitu, range 0 sampai dengan 39,9 yaitu sebesar 83,33% sebanyak 60 subyek. Persentase terkecil ada pada sasaran nilai tertinggi di kelas yaitu berada pada range 70 sampai dengan 84,9 yaitu sebesar 2,77% sebanyak 2 orang. Sisanya berada pada range 55 sampai dengan 69,9 sebanyak 7 orang, serta range 40 sampai dengn 54,9 yaitu sebesar 4,16% sebanyak 3 orang. 4) Subyek yang aktif baik dalam menerima stimulus dan memberikan respons selama proses perkuliahan berlangsung, memperoleh hasil ujian baik. Subyek yang tidak aktif dalam proses perkuliahan, baik dalam menerima stimulus mau pun memberikan respon, memeroleh hasil yang tidak baik.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>