Informasi Detil Paper


Judul: Analisis Pemahaman Dan Implementasi Penilaian Ipa Sekolah Dasar Di Kecamatan Loura
Penulis: Ferdinandus Bele Sole, Desak Made Anggraeni & Heronimus Delu Pingge  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Prosiding Himpunan PGSD 2017 Vol. 1 no. 1 - hal. 60-68 Tahun 2017  [ Prosiding ]
Keywords:  Pemahaman, Implementasi, Penilaian IPA.
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data tentang pemahaman guru terhadap penilaian pembelajaran IPA secara komprehensif yang meliputi penilaian produk (kognitif) , penilaian ketrampilan proses, penilaian sikap ilmiah dan penilaian aplikatif, serta implementasinya dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggambarkan pemahaman guru terhadap penilaian pembelajaran IPA dan implementasinya dalam pembelajaran. Pada tahap pertama, peneliti mengembangkan alat pengumpul data yaitu berupa angket yang berisikan jenis -jenis penilaian dalam pembelajaran IPA SD dan penerapannya dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh responden paling sering menggunakan penilaian produk yakni penilaian yang mengukur tingkat pemahaman siswa dari aspek kognitif. Penilaian jenis ini paling sering digunakan karena dianggap mudah dan responden telah terbiasa dalam menyusun instrumen penilaian ini. Sebagian responden mengungkapkan bahwa kadang-kadang mereka juga melakukan penilaian ketrampilan proses yakni ketika siswa melakukan kegiatan tertentu dalam pembelajaran seperti mendemonstrasikan atau melakukan eksperimen. Sedangkan penilaian sikap ilmiah dan penilaian aplikatif tidak pernah dgunakan responden dalam pembelajaran IPA. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman tentang kedua jenis penilaian tersebut serta belum tersedianya instrumen penilaian untuk aspek sikap ilmiah dan aplikasi .
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>