Informasi Detil Paper


Judul: Pelatihan Dan Pendampingan Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SD/MI Dengan Mengintegrasikan Model-Model Pembelajaran Berbasis Multietnis
Penulis: Ade Haerullah, Hasnah Ahmad & Mukhtar Yusuf  || email: info@mx.unpatti.ac.id
Jurnal: Prosiding Himpunan PGSD 2017 Vol. 1 no. 1 - hal. 87-97 Tahun 2017  [ Prosiding ]
Keywords:  Penaltiah, Pendampingan, Perangkat Pembelajaran, Model Multietnis.
Abstract: Berdasarkan observasi, analisis situasi dan justifikasi masalah bersama dengan dua mitra sekolah atau madrasah maka masalah prioritas yang penting untuk dicarikan solusi ialah rendahnya kompetensi paedagogik guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran . Salah satu penyebabnya ialah masih kurangnya kemampuan guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berupa Silabus, RPP dan Petnjuk Praktikum dengan mengintegrasikan berbagai model pembelajaran. Sehingga tawaran solusi berdasarkan hal tersebut ialah dilakukannya pelatihan pengembangan perangkat pembelajaran dengan mengintegrasikan model-model pembelajaran berbasis multietni s bagi guru di keduaSekolah/Madrasah tersebut yang dilanjutkan dengan pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran. Luaran spesifik dari pengabdian ini ialah: a) Keterampilan menyusun perangkat berupa Silabus, RPP dan Petnjuk Praktikum dengan mengintegrasikan sintaks model-model pembelajaran berbasis multietnis dan b) Dokumen perangkat pembelajran berupa Silabus dan RPP dan LKS berbasis multietnis. Metode pengabdian dilakukan secara bertahap yakni tahap pelatihan dan pendampingan. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa sebanyak 60% guru telah memahami konsep pengembangan perangkat melalui pelatihan namun tidak mampu mengembangkan perangkatnya sehinga dibutuhkan pendampingan, sedangkan hasil pendampingan menunjukkan bahwasebanyak 80% dinyatakan layak dan 15% guru dinyatakan cukup layak dan mampu mengembangkan perangkat pembelajaran dengan mengintegrasikan model pembelajaran berbasis multietnis untuk digunakan dalam pembelajaran.
File PDF: Download fulltext PDF PDF

<<< Previous Record Next Record >>>